11 November 2007

TKI 3602 : Bukan Praktikum Biasa

Perhelatan akbar (sebut saja demikian, semoga tidak ada yang keberatan) Praktikum Teknik Industri 2007, Senin ini sudah mulai digelar. Kurang lebih enam minggu ke depan, anak-anak TI’05 akan mendapat tambahan kesibukan keluar masuk lab Ergo, Simul dan Sispro sebagai praktikan mata kuliah berkode TKI 3602 ini. 
 
Tahun ini, Praktikum yang melibatkan tiga lab ini mengambil tajuk: ”Praktikum Teknik Industri 2007, Bukan Praktikum Biasa”. Kelihatan sekali bukan, kalau tajuk ini mencontek judul sebuah film remaja yang menurut kebanyakan orang yang sudah menontonnya, lebih mirip sinetron itu. Tapi tentu saja Praktikum ini sama sekali tidak ada hubungannya dengan film itu. Juga dengan film-film Indonesia sejenisnya yang posternya jauh lebih bagus dari filmya sendiri itu. Tajuk ini diambil untuk menyampaikan kepada praktikan bahwa praktikum ini berbeda dan tidak biasa. Terus letak ’berbeda’ atau ’tidak biasa’nya dimana? Ikuti saja praktikumnya, dan rasakan sendiri akibatnya bedanya. Hehe.. Untung saja kemarin kami tidak kepikiran untuk meniru sebuah iklan di televisi sebagai tajuk praktikum ini. Bisa-bisa tajuknya jadi begini: ”Praktikum Teknik Industri 2007, Beda Rasanya”. Oh, tidak...

Praktikum ini melibatkan keilmuan di tiga dari empat konsentrasi bidang Tugas Akhir di TI UGM: Operations Research untuk praktikum simulasi, Production untuk praktikum sistem produksi, dan Ergonomics/Human Factors untuk praktikum ergonomi. Sementara untuk konsentrasi keempat, Manufacturing Processes and Systems, praktikumnya terintegrasi dengan matakuliah Teknik Manufaktur dan Proyek di semester 2. Praktikum akan dilakukan dalam dua tahap. Praktikum mandiri masing-masing lab dan praktikum integrasi ketiga lab. Masing-masing lab mempunyai materi, sistem praktikum dan penilaian sendiri-sendiri. Setelah seluruh rangkaian praktikum termasuk praktikum integrasi berakhir, nilai dari ketiga lab akan digabungkan untuk mendapatkan nilai matakuliah Praktikum Teknik Industri dengan bobot 3 SKS. 
 
Akhirnya, buat rekan-rekan ’penunggu’ lab: Ganbatte! Kita sukseskan ”Bukan Praktikum Biasa” tahun ini. Buat adik-adik teman-teman praktikan: Chaiyo! Jaga kesehatan biar gak jatuh sakit dan rasakan bedanya. Satu lagi yang penting, seperti pesan Pak Bagyo pada pengantar briefing Sabtu kemarin, ”Jangan main-main dengan praktikum ini, karena praktikum ini dirancang bukan untuk main-main”.

13 comments:

Anonymous said...

iyo, percoyo kok danK! nyate ae... Ngonku yo bedo, saiki ono responsine.

Tee said...

hehe..tul dang.lets do the best for the praktikum. baru mulai selasa to. aku dah pulang kok..:p

Dadang Suhirman said...

rochmad:
yo mesti wae bedo no. kan beda disiplin ilmu. btw koq blogmu gak online lagi?

tee:
yap. semuanya udah dimulai hari ini. detik ini (kata reza)..

Anonymous said...

bukan, metodenya juga beda. Blogku pindah ke http://www.rochmadp.co.cc. Kalo akses yang lama harusnya dah di redirect.

Unknown said...

hehehe
dulu pas jaman saya sempet dibilangin sama anak mesin, praktikum kok malah mainan tamiya hehehe

kan study smart play hard hehehe gitu kubilang ke dia

Anonymous said...

http://student.blog.dinus.ac.id/asihardiyani/2016/11/13/resume-4/

Anonymous said...

http://student.blog.dinus.ac.id/pujiamimutiara/2016/07/30/selamat-datang-mall-ala-jepang/

Anonymous said...

http://student.blog.dinus.ac.id/sonnyrivai/2016/11/12/notasi-granitasi-rumah/

Anonymous said...

http://student.blog.dinus.ac.id/dewanggapradeta/2015/06/23/tree-pohon/

Unknown said...

universitas swasta di jawa barat

Unknown said...

universitas negeri di jawa barat

Unknown said...

sekolah tinggi dan universitas di jawa barat

Unknown said...

universitas swasta terbaik di jawa tengah